Korban Gempa Dan Tsunami Aceh

Ketabahan Korban Gempa Dan Tsunami Di Aceh

   Banyuwangi, (1994) mengatakan tsunami adalah gelombang besar yang ditimbulkan oleh gerakan tanah didasar laut (Ir. H. Sarwidi MSCE, Ph.D, IPU, 2005/2006). Dampak dari bencana dahsyat itu tentu tidak sedikit, gelombang tsunami telah meluluh lantahkan sebagian besar daratan Aceh, menghancurkan rumah dan infrastruktur yang ada, menelan jutaan bahkan ribuan korban baik yang hidup maupun yang meninggal. 

Dalam situasi seperti ini korban, tidak sedikit mengalami gangguan kejiwaan tapi ada sebagian korban yang mampu bertahan menjalani hidupnya. Kemampuan manusia dalam menghadapi dan bertahan dalam keadaan sulit (adversitas) (Sasmitawati, 2004).

Secara psikologis dapat kita lihat dengan kondisi mereka yang kehilangan keluarga, dan tempat tinggal, sangat memungkinkan akan mengalami stress, trauma bahkan depresi yang berkepanjangan. Menurut data dari penelitian yang dilakukan WHO bahwa PTSD ( Post Traumatic Stress Disorder), Gangguan Stress Pasca Trauma adalah reaksi yang timbul akibat pengalaman yang mengerikan. Bisa berlangsung selama berbulan – bulan bahkan tahunan. 

Gangguan psikosomatik pun mulai ditemukan pada mereka korban tsunami yang tinggal di barak – barak pengungsian. Mereka menunjukkan gejala – gejala : 
a. Teringat kembali peristiwa yang mengerikan itu (tsunami) melalui gambar atau pikiran yang berhubungan dengan peristiwa traumatis walaupun sudah ada usaha untuk melupakannya. 
b. Muncul kembali mimpi yang berhubungan dengan peristiwa traumatis atau mimpi buruk.
c. Saat – saat kilas balik yaitu pada saat pasien merasa dia kembali menjadi bagian dari peristiwa traumatis itu ( NGO Mede cins Sans Frontie res Belgium (MSF-B) Sigli (dokter lintas batas), 2005 ). 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: