Urutan Kelahiran Dan Gaya Kelakatan Aman Terhadap Kemandirian Remaja

Kemandirian Ditinjau Dari Gaya Kelekatan Aman Dan Urutan Kelahiran Pada Remaja

Urutan  kelahiran menunjukkan kedudukan seorang anak dalam posisinya dalam keluarga baik anak sulung, anak tengah, anak bungsu maupun anak tunggal. Urutan kelahiran seorang anak dalam keluarga  sedikit banyak mempengaruhi corak kepribadiannya terutama dalam pembentukan dan perkembangan kepribadiaannya. Setiap urutan kelahiran memiliki sifat maupun ciri-ciri yang dimiliki baik sifat yang negatif maupun sifat yang positif. 

Sesungguhnya, beberapa anak yang hidup dalam satu keluarga, sebagian akan memberikan pengaruh pada sebagian yang lain, kelebihan yang memiliki kelebihan dan karakteristik tersendiri. Antara adik perempuan dengan kakak laki-laki atau sebaliknya, atau antara adik laki-laki dan kakak laki-laki akan terjalin hubungan yang sangat kuat, kendatipun usia keduanya berbeda, terkadang kakak sebagai pelindung malah ikut campur dalam proses kemerdekaan dan kebebasan adiknya ( Mahfuzh, 2004).

Adler (Alwisol, 2004) mencoba menjelaskan adanya ketidakmerataan perhatian orang tua dalam kaitannya dengan urutan kelahiran. Urutan kelahiran juga ikut mempengaruhi perkembangan kemandirian remaja, dimana orang tua memperlakukan anaknya sesuai dengan posisi anaknya dalam keluarga. Keluarga merupakan tempat untuk mengenal dan belajar mengenai sesuatu bagi kehidupannya. Amatlah penting bagi orang tua untuk tidak membanding-bandingkan anak-anaknya satu sama lain.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: