Pelatihan Kecerdasan Emosi Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Diri Siswa SD

Pengaruh Pelatihan Kecerdasan Emosi Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri 
Siswa Sekolah Dasar

Kepercayaan diri merupakan unsur yang sangat penting bagi seseorang dalam mencapai tujuan hidupnya. Kenyataan yang ditemui sekarang ini bahwa percaya diri yang tinggi tidak dapat secara mudah dimiliki oleh setiap orang. Banyak orang dari setiap kalangan baik anak-anak maupun dewasa yang mengalami hambatan dalam perjalanan hidupnya hanya karena tidak memiliki rasa percaya diri. Kepercayaan diri tumbuh pada diri seseorang sejak masa kanak-kanak. Kenyataan yang ada bahwa tidak sedikit anak-anak sudah mengalami gejala tidak percaya diri. Hal ini akan semakin berdampak buruk pada perkembangan anak tersebut apabila tidak mendapat penanganan sedini mungkin.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi munculnya rasa percaya diri pada anak, mulai dari faktor lingkungan terdekat anak hingga faktor dari dalam diri anak atau faktor internal. Faktor lingkungan dimulai dari bagaimana kondisi keluarga sampai bagaimana pola asuh orangtua akan membuat anak mengembangkan rasa percaya diri. Selain itu, faktor internal yang terdapat pada diri anak seperti motivasi, inteligensi, emosi juga tidak kalah penting dalam pengembangan rasa percaya diri anak.

Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. Salah satunya yaitu dengan cara memperbaiki faktor dari dalam diri anak yang dapat mempengaruhi perkembangan rasa percaya diri. Salah satu yang termasuk dalam faktor internal anak yaitu emosi anak. Emosi anak dapat ditingkatkan hingga anak menjadi cerdas dalam hal emosi. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak, salah satunya yaitu melalui pelatihan kecerdasan emosional pada anak.

Pelatihan kecerdasan emosional merupakan suatu metode penigkatan kemampuan emosional individu yang berupa serangkaian aktivitas yang sistematis dengan tujuan agar individu dapat mengatur dan menigkatkan kompetensi emosional, sehingga individu tersebut dapat mengatasi berbagai hambatan, tekanan, dalam hidupnya serta mampu melakukan interaksi dengan orang lain secara sehat dan tepat.

Materi-materi yang akan diberikan pada pelatihan kecerdasan emosional yaitu antara lain kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial yang merupakan aspek-aspek yang terdapat pada kecerdasan emosional itu sendiri. Hal yang utama dari pelatihan kecerdasan emosional ini yaitu pengembangan keterampilan pribadi dan sosial individu sehingga pada akhirnya individu tersebut dapat memiliki kemampuan dalam menata dan memperbaiki diri dengan lebih baik.

Anak yang tidak percaya diri akan dapat diatasi dengan ditingkatkannya kemampuan-kemampuan emosional anak. Tercapainya tujuan-tujuan dari pemberian materi-materi pada pelatihan kecerdasan emosional ini akan membuat anak dapat meningkatkan rasa percaya diri yang ada pada dirinya. Kesadaran diri yang tinggi akan dapat membuat anak mengerti dan mengenal siapa dirinya, bagaimana emosinya, sehingga rasa percaya diri anak akan berkembang. Pada materi pengaturan diri, akan dapat membuat anak mampu mengatur dirinya, mengatur emosinya, dapat memecahkan masalah secara lebih tepat, dan dapat bertanggung jawab dalam mengelola diri sendiri sehingga dengan kemampuan pengendalian diri yang baik akan membuat anak merasa lebih percaya diri. 

Motivasi diri yang tinggi membuat anak mampu bertindak secara lebih efektif, dapat bertahan dalam menghadapi kegagalan, serta dapat membuat anak lebih optimis dalam melakukan sesuatu sehingga anak tersebut akan memiliki prestasi yang tinggi. Prestasi yang tinggi akan membuat anak lebih percaya diri dalam setiap hal. Kemampuan empati yang tinggi akan membuat anak lebih peduli pada lingkungan, masyarakat, teman-temannya dan keadaan sekitarnya. Anak akan merasa diterima oleh teman-temannya ketika berinteraksi sehingga hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri anak. Sedangkan keterampilan sosial akan membuat anak mampu  menangani emosinya dengan baik ketika berhubungan dengan orang lain, bagaimana berinteraksi dengan teman-temannya tanpa ditolak sehingga dengan kemampuan keterampilan-keterampilan sosial yang diajarkan akan dapat membuat anak tampil dengan lebih percaya diri.

Tiap-tiap materi pada pelatihan kecerdasan emosional memberikan sumbangan yang sangat berperan bagi anak dalam mengembangkan kemampuan emosionalnya yang ditunjukkan dengan adanya kontrol diri, meningkatnya kemampuan memahami emosi diri dan orang lain dan juga bertambahnya kemampuan mengekspresikan emosi yang dimiliki anak secara tepat sehingga faktor-faktor yang dapat membuat anak tidak percaya diri dapat anak tersebut atasi sendiri dengan kecerdasan emosional yang telah didapatkannya dari pelatihan kecerdasan emosional tersebut. 
Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: