Persepsi Citra Polri Dengan Keterlibatan Kerja Pada Anggota Polri Di Polres Wonosobo

Hubungan Antara Persepsi Terhadap Citra Polri Dengan Keterlibatan Kerja Pada Anggota Polri Di Polres Wonosobo


Seseorang dalam menjalankan atau melaksanakan pekerjaannya harus mengikuti aturan – aturan yang berlaku sehingga tidak menimbulkan masalah – masalah. Menurut Hurlock (Afiatin, 2001) persepsi seseorang terhadap sikap orang lain terhadap dirinya adalah lebih penting dari pada sikap orang lain itu sendiri yang berarti proses dalam diri individu untuk mengenal diri sendiri  dan keadaan sekitranya karena dalam persepsi terjadi proses penginderaan.
Persepsi seseorang terhadap citra yang diberikan orang lain perlu diperhatikan karena menyangkut kepercayaan atau kesan yang diberikan orang lain kepada setiap perilaku individu yang didengar dan dilihat orang lain. Persepsi mengenai citra oleh pribadi-pribadi yang berbeda juga akan berbeda, karena setiap individu menanggapinya berkenaan dengan aspek-aspek situasi tadi yang mengandung arti khusus sekali bagi dirinya.
Dalam lingkungan organisasi persepsi terhadap pandangan orang lain mempunyai pengaruh didalam menentukan hasil kerja seseorang. Adanya pelaksanaan terhadap tugas – tugas yang diberikan untuk orang lain diharapkan adanya respon dari seseorang terhadap tugas yang disampaikannya yakni pandangan atau kognisi terhadap tugas yang dilaksanakannya tersebut, seberapa besar tugas itu berarti tergantung pada pelaksanaan tugas, penerimaan dan apa yang disampaikannya sehingga apabila tugas yang dilaksanakan berbeda dengan apa yang diharapkan oleh orang lain maka akan menimbulkan kesan buruk atau ketidakpercayaan terhadap orang yang melaksanakan tugas tersebut. Persepsi ini sangat berpengaruh terhadap sikap dan perilaku, bila seseorang yang bekerja dalam situasi yang mendukung dan menerima pekerjaannya dengan senang hati dan yang akhirnya dia kan terlibat dan berprestasi dalam pekerjaannya.
Citra suatu lembaga menjadi mudah terbentuk karena banyaknya yang menaruh harapan terhadap lembaga tersebut, sehingga kinerja lembaga tersebut banyak mendapat perhatian. Kaitan antara hasil interaksi antara harapan dan kinerja itulah yang membuahkan citra. Sifat – sifat pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang bisa menimbulkan persepsi dalam dirinya bahwa ia menjalankan pekerjaan yang bisa menyenangkan orang lain dan bisa juga tidak menyenangkan bagi orang lain karena pekerjaan yang dilakukannya selalu mendapat penilaian dari orang lain.
Keterlibatan kerja seseorang dipengaruhi oleh persepsi terhadap citra. Sikap terhadap pekerjaan mempengaruhi perilaku kerja dengan memandang citra yang diberikan orang lain kepada seseorang dan bagaimana seseorang memandang pekerjaannya dan dihubungkan dengan kondisi dirinya dan pandangan orang lain terhadap seseorang.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: