Pola Asuh Adil Jender

Pola asuh adil jender yaitu suatu pola asuh yang tidak membedakan antara laki-laki dan perempuan dalam hal untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam melakukan sesuatu (Anto,dkk. 1998).
Wawasan jender dalam pola asuh ini dapat dilihat dari pandangan orangtua tentang anak, yang kemudian dimanifestasikan dalam teknis-teknis pengasuhan. Teknis-teknis pengasuhan yang orangtua berikan kepada anak disesuaikan dengan harapan-harapan dari peran seks yang telah disetujui dan telah turun-temurun. Diartikan secara umum, istilah peran seks berarti peran bagi kedua jenis kelamin yang disetujui dan diterima di tempat individu itu mengidentifikasikan diri. Disetujuinya peran tersebut tumbuh dari stereotype yang berlaku di budaya tersebut. Jadi penentuan peran seks berarti belajar menyesuaikan diri dengan stereotype yang disetujui bagi jenis kelamin tertentu di budaya tersebut, dimana hal tersebut merupakan salah satu dari tugas perkembangan yang harus dialami individu (Kawuri, 2001).

Pola asuh adil jender yaitu suatu pola asuh yang tidak membedakan antara laki-laki dan perempuan dalam hal untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam melakukan sesuatu (Anto,dkk. 1998). Wawasan jender dalam pola asuh ini dapat dilihat dari pandangan orangtua tentang anak, yang kemudian dimanifestasikan dalam teknis-teknis pengasuhan. Teknis-teknis pengasuhan yang orangtua berikan kepada anak disesuaikan dengan harapan-harapan dari peran seks yang telah disetujui dan telah turun-temurun. Diartikan secara umum, istilah peran seks berarti peran bagi kedua jenis kelamin yang disetujui dan diterima di tempat individu itu mengidentifikasikan diri. Disetujuinya peran tersebut tumbuh dari stereotype yang berlaku di budaya tersebut. Jadi penentuan peran seks berarti belajar menyesuaikan diri dengan stereotype yang disetujui bagi jenis kelamin tertentu di budaya tersebut, dimana hal tersebut merupakan salah satu dari tugas perkembangan yang harus dialami individu (Kawuri, 2001).

Postingan Terkait :

Pengertian pola asuh orangtua terhadap anak

Pola asuh otoriter-otoritatif terhadap anak

2 Tanggapan

  1. […] Pola Asuh Adil Jender « Skripsi Psikologi, di/pada 18 Juli 2010 pada 2:33 am Dikatakan: r […]

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: